Setting Jam Digital Masjid, Jam digital masjid adalah alat elektronik yang mempunyai kemampuan untuk menunjukkan jadwal waktu sholat yang sudah melalui proses setting otomatis. Adapun pengaturan waktunya disesuaikan dengan waktu pelaksanaan pada masing-masing wilayah. Dengan menggunakan jam dinding digital waktu sholat, kita tidak perlu lagi melakukan perkiraan waktu sholat seperti saat kita menggunakan jam analog biasa. Maka dengan model jam digital waktu otomatis akan memberikan keakuratan waktu shalat.

Jam Masjid kini sudah mulai banyak digunakan. Selain bisa menampilkan waktu shalat dan juga waktu saat itu, jam ini juga mengingatkan jika waktu shalat hendak tiba dengan alarm. Ketika baru membeli, Anda harus mengatur terlebih dahulu jam digital ini. Berikut ini adalah cara setting jam digital masjid agar bisa digunakan secara maksimal.

Setting Jam Digital Masjid

Fitur Setting Jam Digital Masjid

Umumnya jam digital masjid memiliki fitur jadwal shalat lima waktu dan juga waktu ikamah. Namun ada juga beberapa yang menambahkan fitur-fitur lain seperti alarm pengingat waktu shalat, running text, kontrol jarak jauh menggunakan remote, dan lain-lain, tergantung dari tipe yang satu dengan tipe yang lainnya.

Cara Setting Jam Digital Masjid

1. Pengaturan Kalender

Hal pertama yang harus di setting pada jam masjid adalah kalender dan jamnya. Untuk mengatur ini, Anda harus memencet tombol “menu” dan pilih “kalender”. Untuk mengoperasikannya Anda bisa menggunakan tombol (+) dan (-) yang terdapat pada jam. Pertama, akan muncul jam, silakan atur menggunakan tombol (+) dan (-), dilanjutkan menit, dan terakhir adalah tanggal. Jika sudah, pencet tombol menu kembali untuk masuk ke tampilan awal.

2. Pengaturan Jeda Azan dan Ikamah

Setelah kalender dan jam selesai di atur, selanjutnya yang harus diatur adalah jeda di antara azan dan ikamah. Sebelumnya, Anda harus terlebih dahulu dengan pengurus masjid yang lain untuk menyepakati berapa menit jeda antara azan dan ikamah. Waktu paling ideal adalah 10 menit, karena tidak terlalu lama dan tidak terlalu cepat sehingga bisa memberikan waktu untuk melakukan shalat sunnah.

Untuk mengaturnya, masuk ke bagian pengaturan pada menu. Selanjutnya pencet (+) dan akan muncul tulislah Subuh. Berarti saat ini sedang masuk setting jeda azan di ikamah pada waktu subuh. Akan terlihat angkat 00.XX. untuk menentukan waktu jeda selama 10 menit, atur menjadi 00.10.

Jeda ini biasanya bekerja dengan menggunakan sistem hitung mundur setelah masuk waktu shalat. Jadi, jika Anda hendak memberikan waktu jeda 10 menit, Anda bisa mengaturnya menjadi 10 menit ditambah perkiraan waktu azan karena jeda akan dimulai dari waktu masuk shalat, bukan ketika selesai azan. Setelah 10 menit, jam akan mengeluarkan bunyi peringatan sebagai tanda hitung mundur selesai.

3. Pengaturan On dan Off

Terakhir, sebagai opsional, Anda juga bisa mengatur mode stand by. Anda bisa mengatur kapan jam harus menyala dan mati. Untuk saran, sebaiknya, atur jam digital masjid untuk off setelah pukul 22.00 karena pada waktu itu sudah jarang ada jamaah yang masuk ke masjid, kecuali hari-hari khusus seperti menjelang idul fitri dan lain-lain.

Demikianlah cara untuk mengatur jam masjid. Cara tersebut adalah cara yang umum. Setiap tipe jam digital masjid pasti memiliki pengaturan yang berbeda-beda. Namun, pada dasarnya tahap-tahapnya tetaplah sama.

Kelebihan Setting Jam Digital Masjid

Dibanding jam analog, jam masjid punya kelebihan yang lebih beragam. Oleh karenanya, jam ini lazim dipakai di banyak masjid ketimbang jam analog.

Setidaknya ada dua kelebihan utama pada jam digital masjid, yaitu:

1. Memberikan Informasi

Jam masjid bisa memberikan berbagai informasi kepada jamaah. Tak hanya soal waktu sholat ataupun adzan saja, tetapi juga informasi lain seperti ayat jadwal pengajian atau informasi soal kegiatan agama lainnya. Hal itu tak lepas dari adanya fitur running text yang bisa diisi berbagai informasi bermanfaat.

2. Bisa Dilihat Walaupun Ruangan Masjid Gelap

Tak seperti jam analog, jam masjid masih bisa dilihat kendati ruangan masjid gelap. Semua itu berkat pencahayaan yang ada di dalam jenis jam ini. Pencahayaan pada jam digital masjid sendiri sudah berbasis LED, sehingga pencahayaannya bisa terkontrol dengan baik.

Mengapa Harus Memilih Juragan Jam Digital?

Harga Terjangkau

Kami adalah produsen jam jadwal sholat digital yang sudah berpengalaman.

Setting Control Lengkap

Bisa menggunakan tombol manual, remote bahkan HP android.

Support Panduan

Tersedia video tutorial sehingga memudahkan saat proses setting.

Akurat

Jadwal Sesuai dengan Kemenag RI dan bisa dirubah manual.

Update Otomatis

Jadwal sholat akan terupdate secara otomatis selama 100 tahun.

Kami menghadirkan Jam digital masjid dengan teknologi terbaru yang memberikan presisi waktu yang lebih akurat. Ini memastikan waktu adzan dan waktu shalat yang tepat dan akurat, membantu jamaah masjid untuk melaksanakan ibadah tepat waktu dengan penuh khusyuk.

Dapatkan Gratis Ongkir & Diskon Hari Ini (Pesan Via WhatsApp)
Call Now
Open chat
1
Hi there... 👋
Kami dari JuraganJamDigital.com ada yang bisa kami bantu?